Memahami Freeware dan Opensource

Memahami Freeware dan Opensource
Memahami Freeware dan Opensource - untuk beberapa hal, bahasan mengenai apa itu freeware dan apa itu opensource bisa saja dianggap tidak penting. namun, bagi Baduga, sebagai pihak yang mendukung gerakan igos(indonesia go open source), hal ini menjadi perlu untuk dibahas. karena setidaknya, dengan ini kita akan mulai memahami bahwa software tertentu memiliki hak cipta yang seharusnya tidak kita langgar.

freeware, adalah software yang free. itu bahasa gampangnya. lebih luasnya, freeware ini adalah software yang bebas untuk kita download maupun kita gunakan, sebagai End User alias pengguna perorangan, bukan untuk komersial. iya gitu gak boleh untuk masal, untuk warnet, perkantoran? hal ini sebenarnya dapat kita jumpai saat kita menginstall software tersebut. apakah diperbolehkan atau tidak. karena bagaimanapun juga, hak cipta tetap berada di tangan pembuat. wajarnya saat menginstall software kita akan mencentang bagian I accept, yang merupakan ketentuan penggunaan termasuk di dalamnya pernyataan End User Licenes Agreement. tapi, seberapa sering anda melihatnya? boro-boro membaca, melihat saja paling cuma sekilas. inilah kebiasaan buruk yang harusnya mulai kita tinggalkan. nah, implikasi dari freeware tadi, software ini memang gratis untuk kita download atau kita gunakan, namun tidak untuk kita modifikasi. hukumnya dilarang untuk modifikasi. banyak software yang bergenre freeware, misalnya gomplayer, free download manager, kamus 2.04, dan lain-lain.

lalu opensource. prinsipnya sama dengan freeware. namun, software ini secara luas bebas digunakan, bahkan dimodifikasi sesuai yang kita inginkan. oleh karenanya, biasanya di link downloadnya disertakan juga source code nya. contoh yang bisa kita lihat adalah misalnya gkamus sebagai alternatif kamus di linux, dan juga sederetan os opensource seperti linux mint, ubuntu, dan masih banyak lagi.

mungkin bahasan kali ini ringan. tapi semoga bisa menambah wawasan kita dan yang pasti, membuat kita makin bisa menghargai orang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Freeware dan Opensource"

Post a Comment