5 Perbedaan Windows 8 dan Windows 7

5 Perbedaan Windows 8 dan Windows 7 - membicarakan windows 8 rasanya memang tiada habisnya untuk saat ini. os baru keluaran microsoft ini memang hadir dengan banyak perubahan baru. oleh karenanya, di sini baduga akan coba sedikit mereview 5 Perbedaan Windows 8 dan Windows 7
5 Perbedaan Windows 8 dan Windows 7

  • tampilan start menu berubah menjadi metro ui
diantara yang paling terlihat, mungkin ini adalah hal yang paling kentara di antara yang lainnya. karena mau tidak mau, tampilan modern UI atau metro ini lah yang akan muncul pertama kali saat kita start windows, tidak langsung ke desktop. beberapa pihak seneng, tapi tetap ada saja pihak yang berkeberatan. namun menurut info yang beredar, pihak microsoft sendiri mengatakan bahwa akan disediakan metode untuk mengembalikan start button seperti yang selama ini telah familiar di windows7. untuk tampilan screen awal pun, sebenarnya kita bisa mengubahnya jika memang kita tidak suka tampilan metro untuk tampil di awal. mungkin kita akan bahas di posting selanjutnya.

  • booting lebih cepat
yap, tidak mau kalah dengan tetanggga sebelah, yang selalu mengusung isu seputar performa, windows 8 pun mulai berbenah mengurusi masalah performa, termasuk booting. siapa sih tetangga nya. siapa lagi kalau bukan si linux ubuntu dan keluarga nya. bagi yang pernah coba, anda pasti merasakan perbedaan yang amat berarti dalam hal booting. cepet banget. apalagi kalau dibanding dengan windows kita yang sudah tua, pasti makin lemot. oleh karenanya, di edisi terbarunya ini, windows mengusung percepatan booting. saya rasakan, memang booting juga jadi lebih cepat, jauh lebih cepat dibanding windows 7. kalau yang pernah saya dengar sih, windows 8 ya berarti booting nya cuma 8 detik...wkwk...asal nanti jangan kalau udah windows 25(kalau ada), booting nya ga ikut-ikutan 25 detik.

  • menjanjikan performa yang jauh lebih baik
mungkin ini juga masih ada kaitan sama booting yang lebih cepat. namun bagaimanapun juga,pasti teman-teman juga merasakan, bahwa di windows 8, sulit banget mencari tanda (X) seperti yang biasa kita lihat di windows sebelumnya untuk menutup aplikasi. bahkan ketika baru pertama kali, mau mematikan saja bingung..hehe.. nah, dari pihak microsoft sendiri, kenapa dibuat seperti ini, mereka menyatakan bahwa kita tidak perlu mematikan aplikasi kita dan tetap kita biarkan saja berjalan di background, karena windows memiliki sistem untuk hanya memakai resource yang minimal saat aplikasi yang kita buka berjalan di background. sehingga meski kita memakai atau membuka banyak aplikasi, sistem akan berusaha tetap terasa ringan.

  • tampilan file manager atau windows explorer yang berbeda
yap, windows explorer di windows8 kini hadir dengan tambahan ribbon interface. jadi mirip microsoft office lah.. dan tentu bisa dikustomisasi sesuai keinginan kita. itu soal tampilan. jika kita meng-cut, delete, atau copy file, tampilannya pun juga elegan.ada grafik kecepatan nya, terus kalau prosesnya lebih dari satu file, akan disatukan. jadi ga makan banyak window kaya sekarang di windows7 yang mana satu proses, misal copy satu jendela. nanti kalau ada copy lagi, jendela baru lagi.pokoknya maknyus dah. semacam yang pernah saya sampai kan pada beda windows dan ubuntu di posting sebelumnya.

  • scaling untuk ukuran layar yang berbeda-beda
mungkin ini juga ada kaitannya dengan postingan beberapa waktu lalu terkait mengatur resolusi layar. di windows 8, kita juga dapat melakukan scaling layar yang beraneka ragam mulai dari layar windows phone 30 inchi sampai yang beresolusi 2560X1600. by default, aplikasi di windows8 akan didesain  untuk secara otomatis mengikuti resolusi layar yang ada bermacam-macam ini.

baiklah, karena di judulnya hanya lima, berarti kebersamaan kita harus berakhir di sini. sekali lagi, ini hanya lah pandangan saya selaku konsumen. dan maaf minim gambar, biar makin penasaran mungkin yaaa...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Perbedaan Windows 8 dan Windows 7"

Post a Comment